Sabtu, 06 Februari 2016

Cara menjaga pandangan dari lawan jenis


bagaimana cara kita menjaga pandangan pada lawan jenis? 
.
Cara menjaga pandangan? 
.
"Katakanlah kepada laki-laki yang beriman, ’Hendaklah mereka menjaga pandangannya dan memelihara kemaluannya. Yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat." (QS. An-Nur :30).
.
Dan perintah yang sama kepada perempuan juga untuk menjaga pandangan mereka di surat An-Nur ayat 31. Jadi seharusnya sama-sama saling menjaga .. dikatakan dalam sebuah hadits, bahwa pandangan pertama diperbolehkan namun jangan dilanjutkan dengan pandangan yang terus menerus, pandangan kedua dan seterusnya. Tundukkan atau palingkan pandangan sesudahnya.
.
Di zaman sekarang ini, memang sangat berat 'fitnah' yang ada di sekeliling kita. Ketika kita keluar rumah, maka kita dikelilingi dengan 'fitnah' yang dapat menggoda pandangan kita ke arah yang haram. Perempuan-perempuan yang keluar rumah tanpa menutup aurat, tanpa sedikit pun rasa malu di hadapan Allah Ta’ala yang telah menciptakan dengan sebaik-baik bentuk dan rupa dan seharusnya dijaga dengan menutupnya secara syar'i ..
.
Sebagian mengenakan pakaian yang ketat, sebagian mengenakan rok mini, dan sebagian lagi mengenakan pakaian yang transparan. Mereka berpakaian, akan tetapi pada hakikatnya telanjang. Padahal Allah memerintahkan menutup aurat adalah untuk menjaga kehormatan dan menjaga mereka dari mata dan hati yang memiliki 'penyakit' dihati nya.
.
Bisa jadi ketika iman seorang lelaki dan rasa takutnya kepada Allah Ta’ala sedang menurun, maka dengan mudah mereka mengumbar pandangan dan syahwat mereka lalu melalaikan perintah Allah Ta’ala.
.
Ketika pandangan mata seorang lelaki yang tidak mampu melawan nafsu syahwatnya, maka dari pandangan mata itu pula bisa menjerumuskan kepada tindakan dan kerusakan yang besar.
.
Itu sebab, seharusnya bisa saling menjaga iman .. Dan kita sebagai laki2 yang memiliki nafsu yang lebih besar dibandingkan kaum wanita, Allah katakan siapa yang mampu menjaga matanya dari pandangannya kepada yang diharamkan .. DIA menjanjikan manisnya iman,
.
"Memandang wanita (yang bukan mahram) adalah panah beracun dari berbagai macam panah iblis. Barangsiapa yang meninggalkannya karena takut kepada Allah, maka Allah akan memberi balasan iman kepadanya yang terasa manis baginya". (HR. Al-Hakim dalam Al-Mustadrak no. 7875).
.
Islam mencegah segala sesuatu dari akarnya, bukan hanya solusi. Andai kita tau, segala perintah dan larangan didalamnya adalah untuk kebaikan kita sendiri .. hanya kita saja yang sering buta akan isyarat halus-Nya, karena selalu memakai nafsu dan pembenaran :-(

Tidak ada komentar:

Posting Komentar