Sabtu, 06 Februari 2016

Dosa menyontek dan hukum membantu teman saat Ulangan


apakah menyontek saat ujian termasuk dosa ? terus apa juga hukumnya ketika kita bantuin teman saat ulangan seperti beri contekan ke dia? apakah itu termasuk dosa?. 

bismillah..
.
Hehe, kenapa banyak yang suka bertanya tentang dosa atau tidak? terkesan saya yang harus menilai .. sedangkan saya tidak mempunyai kapasitas untuk menilai seseorang itu berdosa atau tidak.
.
Kalau bertanya hukumnya, in syaa Allah saya bisa membantu .. sejauh pemahaman saya. Dan kiita harus tau dahulu, perbuatan dosa itu adalah perbuatan melanggar aturan Allah juga melanggar aturan yang ditetapkan manusia yang mengacu kepada syari'at agama.
.
Tentang mencontek saat ujian, ada yang berpendapat baik tidak dengan aktivitas ini? lalu fungsi ujian itu untuk apa? kalau kita mengisi soal ujian dengan mencontek, masih dikatakan ujian bukan namanya? perbuatan mencontek ini termasuk perbuatan curang atau tidak?
.
Coba kita ambil dari Al-Qur'an, peringatan Allah untuk orang-orang yang berbuat curang:
.
"Sekali-kali JANGAN CURANG, karena sesungguhnya kitab orang yang durhaka tersimpan dalam sijjin." – (QS.83:7)
.
Artinya? Jangan pernah menganggap sepele perbuatan ini, walaupun hanya mencontek saat ulangan atau ujian .. karena ini adalah cikal bakal dari kebiasaan buruk yang akan terus dilakukan dan nantinya akan menganggap sepele perbuatan dosa, naudzubillahi min dzalik.
.
Mencontek saat ujian itu sebetulnya sedang menunjukkan rendahnya kualitas diri. Siapapun yang curang ga ada sisi baiknya, selain pembodohan buat diri sendiri, juga mendzalimi diri sendiri, bahkan bisa mendzalimi orang lain. Tanpa kejujuran .. nilai yang diraih hanya menunjukkan rendahnya kualitas diri, kenapa saya sebut dzalim terhadap diri sendiri? karena ada malaikat yang mencatat setiap kecurangan ke dalam kitab Sijjin.
.
Tanamkan untuk selalu haus ilmu, harus tau, harus bisa dahulu, nilai itu perkara bonus, bukan pengen instan lalu mencontek. Dan ada yang berkomentar seperti ini : "ga peduli nilai? omong kosong" . Ini komentar dari orang yang belum paham, bukan kita mengesampingkan nilai .. namun pahami dahulu, sebetulnya kita sekolah untuk apa? mendapatkan ilmu bukan? agar kita cerdas bukan? agar kita tidak bodoh bukan? Jika kita bersungguh2, akan sangat mudah mendapatkan nilai sempurna sekalipun. Karena tidak ada yang bodoh, tapi malas.
.
Lalu bagaimana hukumnya jika kita memberikan contekan kepada orang lain ketika ujian?
.
"Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan taqwa, DAN JANGAN TOLONG MENOLONG DALAM BERBUAT DOSA DAN PELANGGARAN. Dan bertaqwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya, Allah amat berat siksa-Nya." – (QS. 5:2)
.
Jika ada yang meminta jawaban ketika ujian, diam saja .. cukup pura2 tidak mendengar, ini adalah salah satu usaha kita peduli terhadap diri kita, juga sebagai rasa sayang kita kepada mereka. Kalaupun mau saling menolong, coba sebelum ujian ajak temannya belajar bareng, saling menolong di waktu dan saat yang tepat. Sibukkan malaikat yang mencatat segala amal baik kita dengan jujurnya kita, jangan sampai menyibukkan malaikat pencatat amal buruk.

22 komentar:

  1. Ya Allah astaghfirullah πŸ˜₯πŸ˜₯ tapi kalo ga nyontekin dibilang pelit, hidup sendiri, dan segala macem

    BalasHapus
    Balasan
    1. Laaaa ini Lo yang sudah minπŸ˜₯πŸ˜₯

      Hapus
    2. Nah iya:') Padahal kan kita udah belajar mati²an eh seenaknya mereka minta dicontekin. Gadicontekin tar dibenci lah ini lah itulah apalagi dikatain yang macem2 gahabis pikir dah sm tmn2 ku astaghfirullah ya Rabb:'(

      Hapus
    3. Kadang malah dikata dosa gg bantu temen hahahaha

      Hapus
    4. Bener lagi galauin itu akuu T.T

      Hapus
    5. Bner bangett
      Dikata pelitt

      Hapus
    6. Bener banget yang iniii ToT
      Dikata pelit, gameu berbagi ilmu, dosa gabantu temen, aaargh

      Hapus
  2. tapi kalau gasengaja dikasi tau sama temen gimana? padahal kita sudah semaksimal mungkin untuk jujur

    BalasHapus
  3. Kalau misalnya ada yang nyontek terus dikasih jawabannya yang salah, itu gimana?

    BalasHapus
  4. Kalo pura2 ga denger itu dibilangin sombong trus kalo g d contekin di bilangin pelit.. .na gmana donk

    BalasHapus
  5. Sekarang itu jamannya nilai lebih penting daripada kejujuran kak:(((

    BalasHapus
  6. Hampir teman satu kelas saya nyontek semua dan mereka nilainya tinggi dan saya rendah tapi saya bersyukur Alhamdullilah walaupun nilai saya rendah tapi saya jujur

    BalasHapus
  7. Kalo kita memberi contekan yg salah ke teman dosa ngak?

    BalasHapus
  8. Assalamualakim wr wb. kalian semua yg diatas BERSABAR LAH KARENA UJIAN YANG DIBERIKAN OLEH ALLAH TIDAK AKAN MELEBIHI KEMAMPUAN HAMBANYA jika ada yg bilang PELIT,SOMBONG,MEDIT,DIDIT,DEDET LAH TIDAK usah PEDULI.karena di akhirat TIDAK ada yng bisa membantu kita masuk ke SURGA selain AMALAN,SEDEKAH,KEJUJURAN dan KEBAIKAN.
    Wassalamualaikum wr wb.

    BalasHapus
  9. lah kok jadi saya yg jawab ya.bukan yg punya web?aneh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf mau menanya, apakah hukum diatas juga berlaku saat memberi jawaban kepada teman tapi bukan pada saat ujian, kayak tugas biasa?

      Hapus
  10. Hukumnya haram. Kalau menurut saya tidak mendidik. Karena memperbodoh orang yg lemah. Membiasakan orang lain untuk menggampangkan. Selain itu sifatnya curang karena membohongi orang lain seolah2 itu hasil kerja si pencontek sendiri. Islam mengajarkan utk tolong menolong tp bukan utk perbuatan dzalim. Si pemberi contekan juga sama saja tdk menghargai dirinya sendiri, hasil kerjanya.

    BalasHapus